Kata Mutiara Hari Pahlawan, 10 November 1945 Dan Sejarah Singkat




Pada tanggal 10 November di negara kita tercinta ini akan selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun apakah kalian tau asal usul kenapa pada tanggal 10 November akan sealalu diperingati sebagai Hari Pahlawan sob? Berikut ini sejarah singkatnya.

Hari Pahlawan yang ditetapkan pada tanggal 10 November yang selalu kita rayakan tiap tahunnya ini dilatarbelakangi oleh pertempuran yang terjadi di daerah Surabaya. Perang di Surabaya ini adalah pertempuran terbesar antara Hidup atau Mati di dalam sejarah Revolusi Nasional negara kita dan menjadi simbol perjuangan para pahlawan di Indonesia kepada aksi kolonialisme.
Pada tanggal 31/08 1945 Pemerintah Indonesia  mengeluarkan maklumat yang menetapkan bahwasanya mulaidari tanggal 1 September 1945 bendera Sangsaka Merah Putih harus dikibarkan di seluruh Indonesia, dan akhirya pengibaran sang saka merah putihpun sampai ke seluruh pelosok di Surabaya.

Setidaknya ada 6 ribu sampai dengan 16 ribu pejuang dari pihak Indonesia tewas dan kurang lebih 200 ribu rakyat sipil mengungsi dari kota Surabaya. Korban yang di derita dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 6 ratus hingga 2 ribu orang tentara. Pertempuran yang sangat berdarah di kota Surabaya yang memakan ratusan hingga ribuan korban jiwa tersebut akhirnya menggerakkan perlawanan dari rakyat di seluruh penjuru Indonesia untuk mengusir para penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Banyaknya pejuang yang telah gugur dan rakyat sipil yang telah menjadi korban pada tanggal  10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh negara kita Republik Indonesia sampai sekarang.

Dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional ini, sangat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengenang jasa dari para pahlawan. Salah satunya ialah dengan meresapi kata mutiara yang pernah mereka katakan sewaktu berjuang dulu.

Kata-kata mutiara inilah yang dipercayai mampu untuk membangkitkan semangat pemuda pada waktu itu, sehingga mereka bangkit melawan para penjajah hingga akhirnya kita sekarang bisa menikmati kemerdekaan ini, nah beberapa kata Mutiara ini dapat kita renungkan bersama-sama.

“Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.” Dari Presiden Soekarno.

“Pahlawan yang setia itu adalahberkorban bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.” Dari Bung Hatta.

"Kemerdekaan nasional bukanlah pencapaian akhir, tetapi apabila rakyat bebas berkarya ialah pencapaian puncak." Dari Sutan Syahrir.

"Tidak ada yang lebih kuat dari kelembutan, tidak ada yang lebih lembut dari kekuatan yang tenang." Dari Jendral Sudirman.

“Para pahlawan di dalam tentara kami ini, satu dengan yang lainnyapun berselisih, dan kemudian yang gagah beranipun menyerah.” Dari Pangeran Diponegero.

Nah itu dia beberapa kata Mutiara dari para pahlawan kita, dan selamat memperingati Hari Pahlawan, semoga saja semangat kemerdekaan dari para Pahlawan kita dapat menginspirasi kita sebagai generasi muda untuk terus berkarya, berpikir kreatif, serta membangun bangsa dengan segala kemampuan kita. MERDEKA!!!

Sumber : tribunnews.com, jadiberita.com